Insiden kebakaran di Tunjungan Plaza Surabaya pada Rabu (13/4) sore kemarin menimbulkan kepanikan para pengunjung berlari menyelamatkan diri. Apalagi saat kejadian pengunjung cukup padat karena bertepatan momen buka puasa.

Pemadaman dilakukan makan waktu 4 jam, tim pemadam kebakaran pada akhirnya berhasil memadamkan api tersebut. peristiwa terjad pada pukul 17.32 WIB, Kebakaran yang berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.47 WIB. Meski dengan begitu sempat ada kebakaran susulan, tapi hal tersebut juga berhasil ditangani.

Perwakilan dari pihak kepolisian mendapat dugaan api bersumber dari salah satu plafon salah satu restoran tepatnya berada di lantai 5 kemudian api menjalar hingga lantai 12. Meski begitu, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Cerita Keberanian Petugas Damkar Taklukan Kebakaran Tunjungan Plaza, Tembus  Asap Pekat dan Melacak Titik Api

Sebelum membaca lebih jauh kembali pastikan untuk melakukan permainan slot, bermain slot pasti menyennagkan jika menang dapat bonus dari keberutungan yang menguntungkan!

“Meski begitu, kami juga terus melakukan penyelidikan adanya penyebab kejadian tersebut,” ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi yang juga ikut dalam pemantauan langsung di lokasi kebakaran mengungkapkan sama dengan kepolisian, dugaan api muncul dari lantai tempat makan di TP 5, lalu merambat sampai ke lantai 12. Lalu Eri Cahyadi mengunkapkan juga bagaimana perjuangan damkar saat memadamkan api.

“Lantai 11,10, 9, dan 8 disemprot melalui air dari luar. Kami ikut masuk ke dalam dan turun dari lantai ke lantai. Di lantai 4 dan 5, asap yang muncul sangat pekat. Lalu pencarian korban dilakukan pada lantai 4 juga alhamdulillah tidak ada korban. Mungkin api berada di tempat makan, kemudian masuk ke jaringan pembuangan akhirnya naik ke lantai 12,” terang Eri Cahyadi.

“Kami juga naik dan mendobrak ruangan di sana juga tidak ada api. Lalu masuk di lantai 5 baru ada asap yang tebal,” sambungnya.

Petugas pemadam kebakaran kota Surabaya harus berjuang dalam memadamkan api di lantai atas Tunjungan Plaza 5 Surabaya yang terbakar selama hampir kurang lebih 4 jam. Kemudian kepulan asam sempat muncul lagi dari lantai atas mall tersebut.

Dikabarkan, diduga suhu panas mempengaruhi munculnya asap yang terus disemprot air oleh petugas pemadam. Selain berada di lantai paling atas, kepulan asap juga muncul di lantai 5 mall tersebut. Petugas dengan dua unit Bronto Skyliftnya masih upaya memadamkan api supaya tidak kembali muncul.

Peristiwa kebakaran diketahui juga menimbulkan kemacetan di sekitar lokasi. Banyak pengendara tampak berhenti melihat insiden tersebut, hingga akhirnya arus lalulintas menjadi ditutup. Suara sirine truk damkar melaju dintengah kemacetan tersebut.

By editor

Leave a Reply

Your email address will not be published.